Monday, December 23, 2013

Mengenal Diri

Diri kita ini laksana padang savana yang luas membentang, ada yang melukiskan seperti batang pohon. Tapi kebanyakan dari kita sering memandang pohon itu seperti pohon. Bagaimana bisa seperti? jangan berandai-andai apalagi membuat hal yang sepele bagi dirimu sendiri.

Jiwa kita ini akan rusak jika kita tidak merawat diri sendiri, esensinya ketika kau membersihkan tubuh. Menyikat dan memberi harum-haruman pada lapisan luar. Tapi kau lupa hal sama juga harus berlaku pada lapisan dalam. Siapa dirimu jika kau tidak paham bagaimana dirimu?

Jangan bertindak seolah-olah kau ini artis, orang terkenal atau nabi. Bijaksanalah dan jujurlah pada dirimu, kebohongan yang melandasi sifat manusia muncul ketika dia membuka cakrawala dunia. Apa itu salah? tidak dan jelas tidak ada yang menyalahkan. Hanya orientalisasi dan pembawaan cawan kebijaksanaan yang hilang atas kendali dirimulah yang membuat hal itu blur.

Ketahuilah, air tetaplah air dimanapun dia diletakkan. Begitulah juga dirimu, kau tetaplah kau. Mulai sekarang belajarlah merenug. Siapa AKU?

No comments:

Post a Comment